Review kinerja Intel(R) Graphics Media Accelerator HD

Sebuah postingan lagi dari tugas kuliah ane buat ngecek kinerja Video Graphic Adapter (VGA) dari laptop masing2. Laptop ane Compaq Presario seri CQ41 sebenernya ada panjangannya lagi tapi ane lupa. VGA untuk Compaq seri ini adalah Intel® Graphics Media Accelarator HD, sebenarnya pada seri ini ada juga spesifikasi VGA lainnya namun kebetulan ane belinya yg ini gan hehe :). Tapi alhamdulillah yah VGA yang satu ini ga jelek2 banget, buktinya ane masih bisa maen PES 2011 meskipun harus di-ignore hehehe :).

Compaq Presario CQ41

Ada yang belum tau apa itu Intel® Graphics Media Accelarator HD? Itu adalah sebuah Video Graphic Adapter (VGA) dari Intel® Corporation (keliatan dari namanya). Umumnya VGA ini sudah tertanam (emang tanaman??) atau bawaan pabrik pada PC maupun laptop yang disebut VGA onboard yang artinya VGA ini tidak memiliki memori sendiri namun memanfaatkan memori yang sudah ada pada RAM. Seri VGA Intel® lainnya umumnya mendominasi PC ataupun laptop dengan processor Intel® yang tidak memiliki VGA tambahan seperti VGA dari vendor terkenal NVIDIA, ATI, dan lain-lain yang punya memori sendiri.

Kita liat yuk kinerja sebenarnya dari VGA Intel® yang satu ini. Ane menggunakan free software TechPowerUp GPU-Z 0.5.4 untuk mengetahui beberapa atribut/spesifikasi dari VGA ini. Berikut screenshot yang Saya peroleh dari aplikasi tersebut.

 

Screenshot TechPowerUp GPU-Z 0.5.4

Cukup banyak informasi yang dapat diperoleh dari aplikasi ini, namun Saya tidak akan menjelaskan seluruh poin yang ada tetapi hanya beberapa poin penting saja. Kalo ingin tau lebih banyak silakan klik link berikut untuk mendownload :).

Berikut Saya buatkan tabel berisi penjelasan singkat mengenai poin-poin di atas.

Atribut VGA

Compaq CQ41

Keterangan

Name

Intel® Graphics Media Accelerator HD

Menunjukkan nama perangkat yang terlihat oleh sistem operasi. Hal itu didefinisikan dalam driver grafis dan dapat dimanipulasi, bukan identifikasi yang dapat diandalkan.
GPU (Graphic Processing Unit)

Arrandale

Menunjukkan kode nama perusahaan untuk GPU tsb. Berbeda dengan CPU (umumnya processor yang kita kenal), GPU adalah processor yang dibuat khusus untuk membantu CPU dalam mengerjakan proses grafis pada komputer.
Technology

45 nm

Menunjukkan ukuran struktur dari teknologi fabrikasi yang digunakan untuk GPU. Angka yang lebih kecil biasanya menghasilkan die area yang lebih  kecil dan mengurangi output panas.
Die Size

Unknown

Menunjukkan jumlah daerah silicon (bahan utama pembuat processor) yang rusak atau mati pada GPU.
Transistors

Unknown

Menunjukkan jumlah transistor (bahan utama pembuat processor) yang secara fisik terdapat pada GPU.
ROPs (Raster Operators)

4

Menunjukkan jumlah operator raster dalam perangkat. Lebih banyak ROPs semakin cepat perangkat itu.
Shader

12 Unified

Menunjukkan jumlah pemroses shader di kartu dan jenisnya. Lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik, tergantung pada arsitektur yang berbeda dari vendor GPU. Jika dibandingkan dua buah GPU dari vendor dan generasi yang sama, lebih banyak shader lebih baik.
Pixel Fillrate

1.5 GPixel/s

Menunjukkan jumlah pixel yang dapat di-render pada layar dalam satu detik.1 GPixel = 1 Miliar pixel
Texture Fillrate

1.5 GTexel/s

Menunjukkan jumlah texel yang dapat diproses dalam satu detik.1 GTexel = 1 Miliar texel
DirectX Support

10.0 / SM4.0

Menunjukkan model DirectX Shader dan versi yang didukung oleh kartu grafis ini.
GPU Clock

373 Mhz

Menunjukkan kecepatan clock saat ini dari kinerja GPU yang dipilih dari perangkat (selalu berubah).
Multi-GPU

Disabled

Menunjukkan apakah teknologi multi-GPU seperti NVIDIA SLI atau ATI CrossfireX diaktifkan atau tidak dan jika ya (Enabled) menunjukkan berapa banyak GPU yang bekerja sama.
Computing

None

OpenCL : menunjukkan apakah OpenCL tersedia pada adaptor ini.CUDA : menunjukkan apakah NVIDIA CUDA tersedia pada adaptor ini.

PhysX : menunjukkan apakah akselerasi hardware NVIDIA PhysX tersedia pada sistem ini.

DirectCompute : menunjukkan apakah DirectX Compute tersedia pada adaptor ini.

 

Langkah selanjutnya adalah proses benchmark dari VGA tersebut menggunakan aplikasi PassMark PerformanceTest 7.0. Klik link berikut untuk mendownload (trial version). Aplikasi ini dapat melakukan proses benchmark untuk keseluruhan komputer yaitu CPU (processor), VGA (grafis 2D dan 3D), RAM (memori), Hard Disk, dan CD. Namun Saya hanya fokus untuk benchmarking VGA saja. Berikut hasil yang saya peroleh beserta screenshot-nya.

 

hasil benchmark grafis 2 dimensi

 

Terdapat kinerja yang sangat kurang memuaskan pada Solid Vectors dan Transparent Vectors namun cukup bagus pada Complex Vectors, jujur Saya kurang paham di bagian ini.

 

hasil benchmark grafis 3 dimensi (1024×768 32bit tanpa anti-aliasing)

 

Sebenarnya terdapat sebuah test lagi yang tidak ditampilkan di atas yaitu Graphics 3D – DirectX 10 karena kartu grafis Saya tidak mendukung kemampuan anti-aliasing (memperhalus grafis/gambar). Mohon maaf jika gambar agak blur.

 

Bagaimana? Menarik bukan? Ayo coba cek kemampuan kartu grafis loe sejauh mana kehebatannya hehe :). Masih banyak istilah2 yang belum bisa ane jelasin. Jadi tambah semangat googling kan bwt tambah pengetahuan.

CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)

Posted on September 3, 2011, in Komputer Grafik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Kalo ane laptop grafis pake nvidia 310m
    Jadi bisa dipilih, kalo mau pake maen game pake grafis nvidia
    Kalo mau hemat power pake grafisnya intel
    Multi purpose
    Laptop acer 4741G –> intel i3 330m, nvidia 310m, ram 2 gb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: