Hal-hal yang harus dilakukan setelah install Ubuntu 11.04 Natty Narwhal [Bagian 1]

Bagi teman-teman yang baru selesai menginstal Ubuntu 11.04 Natty Narwhal baik upgrade maupun fresh install ada baiknya membaca artikel Ubuntu berikut ini agar tahu apa yang seharusnya dilakukan setelah menginstal Ubuntu Natty. Tujuan dari artikel ini adalah membuat Ubuntu semakin nyaman, aman dan tentu saja mudah digunakan.

My Ubuntu 11.04 Natty Narwhal

Memilih mirror dan mengaktifkan repository penting

Mirror merupakan hal yang cukup penting bagi teman-teman yang memiliki keterbatasan dalam koneksi Internet (seperti saya). Memilih mirror yang ideal akan semakin menambah kenyamanan kita dalam menggunakan Ubuntu, sistem yang senantiasa up-to-date dengan kecepatan download yang tidak mengecewakan. Untuk panduan memilih mirror yang ideal silakan baca artikel saya yang satu ini.
Dalam repository penting (biasanya tidak diaktifkan secara default) tersebut terdapat paket-paket aplikasi yang sangat berguna seperti codec untuk memutar file mp3, plugin Flash, dan lain-lain. Berikut cara mengaktifkannya:
Tekan ALT+F2, pada isian ketik “software-properties-gtk” (tanda tanda petik), kalian akan dihadapkan dengan jendela seperti gambar di bawah ini:

Mengaktifkan repository penting untuk Ubuntu

Sebagaimana yang tampak pada gambar di atas, beri centang pada bagian “Canonical Partners” dan “Independent”. Jangan lupa untuk menekan tombol “Close” dan jika ada peringatan klik “Reload”.

Melakukan pengecekan update

Untuk selanjutnya, ada baiknya kalian melakukan pengecekan update untuk meyakinkan bahwa kalian sudah mendapatkan Ubuntu yang paling up-to-date hari ini. Ketik perintah berikut di Terminal:
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade

Instal codec untuk memutar MP3, WMV, dan plugin Flash

Pastikan kalian sudah mengaktifkan repository penting sesuai dengan petunjuk di atas. Jika sudah, ketik perintah berikut di Terminal untuk menginstal codec dan plugin Flash:
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras flashplugin-installer

Menambahkan repository Medibuntu

Repository Medibuntu berisi aplikasi-aplikasi yang tidak bisa dimasukkan ke dalam repository utama Ubuntu karena masalah hak cipta, lisensi, atau semisalnya. Dengan menambahkan repository Medibuntu kita bisa mendapatkan aplikasi multimedia yang berfitur penuh. Untuk panduan menambahkan repository Medibuntu di Ubuntu 11.04 Natty Narwhal silakan klik di sini.

Menginstal codec untuk memutar DVD

Jika kalian sudah menambahkan repository Medibuntu, ketik perintah berikut untuk menginstal codec untuk memutar DVD:
sudo apt-get install libdvdcss2
sudo /usr/share/doc/libdvdread4/./install-css.sh

Lanjut ke bagian kedua

Sumber : tahutek.net

Posted on August 18, 2011, in Ubuntu and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: